RSS

Sistem kadang berjalan apa adanya, kita tak pernah terpikir untuk mengubahnya. Sistem adalah sesuatu yang membantu, pembantu yang berkuasa. Dunia adalah sistem itu. Sejenak berpikir kritis, dunia yang kelam perlahan beranjak estetis.

Aku Datang, Kau Pun Senang

© yesiammuslim.com
Perkara sebab-akibat (kausalitas) adalah sebuah hal yang pasti di dunia ini. Makan di restoran adalah sebab kenapa kita harus membayar, kecuali itu restoran milik keluarga. Macan disebut karnivora karena ia hanya makan daging, kecuali seluruh daging di bumi menghilang. Penyebab adanya siang adalah karena munculnya matahari, kecuali orang-orang sepakat bahwa ketika bulan muncul lalu disebut siang. Ya seperti itulah beberapa contoh kausalitas.
Datang dan mendatangi adalah sebuah contoh kausalitas juga. Sebuah benda tak akan disebut magnet kalau tak ada benda lain di dekatnya yang menimbulkan medan magnet. Begitulah takdir kehidupan. Kita harus berusaha mendatangi sebelum tujuan itu akan mendekat. Seperti 4 hal berikut ini, yang harus kita upayakan dengan mendatanginya.

TEMAN
Dulu saat SMA, aku sangat pemalu. Hari pertama sekolah aku malu untuk mulai berkenalan dengan teman-teman baru. Ya terpaksa, aku hanya menunggu siapapun yang mau berkenalan denganku. Alhamdulillah, ada beberapa orang. Perlahan tapi pasti, aku mulai berani berkenalan dengan yang lain, dengan rasa malu yang masih melekat.
Saat menginjak kuliah, aku sadar. Jika aku tetap pemalu, maka hal sama akan terulang. Akhirnya aku buang rasa malu itu (tapi bukan tak punya rasa malu) supaya mudah berkenalan dengan teman baru. Ulurkan tangan sana-sini sambil sebutkan nama, begitulah yang akhirnya terjadi.
Semenjak itu aku mulai belajar, bahwa jika ingin mudah mendapat teman baru, maka aku harus mau berkenalan lebih dulu. Hukum kausalitas telah terjadi. Beda cerita kalau aku pemalu dan temanku juga pemalu, bisa jadi hingga semester akhir kita tak saling kenal.

REZEKI
Rezeki tak hanya berupa uang. Rezeki dapat berupa kesehatan, ketenangan hati, juga waktu senggang. Jika berbicara uang, maka setiap orang sepakat bahwa kita harus bekerja (kecuali mau nebeng terus sama orangtua) untuk mendapatkannya. Mana ada sih orang dapat uang tanpa bekerja atau usaha? Undian atau kuis? Kalau dapat uang dari undian atau kuis, setidaknya dia ada usaha untuk ikut program itu. Bisa beli suatu produk, atau menjawab pertanyaan. Bahkan, monyet pun harus bekerja membuka kacang sebelum menikmati kacang sembari tersenyum.
Kesehatan juga salah satu hal yang masuk dalam hukum kausalitas. Mau sehat, ya jaga kondisi tubuh. Makan makanan bergizi, olahraga, juga hindari penyebab penyakit, seperti rokok dan alkohol. Hati ingin terasa tenang? Perbanyak ibadah. Ingin punya waktu senggang? Sibukkan diri dengan hal bermanfaat, karena tanpa kesibukan, kita tak akan punya waktu senggang.
Rezeki, memang harus kita datangi lebih dulu sebelum ia akan datang mendekat. Walau tiap orang pasti punya rezekinya masing-masing, tapi dari mana dan kapan datangnya, kita tak tahu. Untuk memastikan, ya kita berusaha mendatangi rezeki itu. Adakah orang sehat yang setiap hari hanya diam diri di kamar tanpa melakukan apapun?

JODOH
Jodoh itu adalah apapun yang membuat kita menjadi lebih baik saat bertemu dengannya, itu kata seorang kakak baik hati yang kukenal. Penjual dan pembeli di pasar dapat disebut jodoh. Cacing dan tanah pun layak disebut jodoh. Tapi jodoh yang dimaksud di sini adalah pendamping (disebut kekasih hati juga boleh).
Datang dan mendatangi juga berlaku dalam mendapatkan jodoh. Usaha mendatangi dilakukan dengan memperbaiki diri menjadi manusia yang lebih baik dari hari ke hari. Yang nakal, sadarlah. Yang baik, tingkatkanlah. Telah ditakdirkan laki-laki baik hati untuk perempuan baik hati, juga sebaliknya. Saat nanti kita bertemu dengan jodoh, berarti seperti itulah level diri kita. Itulah kepastian dalam jodoh. Datangkan bidadari dengan perbaikan diri yang kita lakukan!

SANG PENCIPTA
Untuk hal ini, hampir setiap orang akan sepakat. Supaya Dia dekat dengan kita, tentu kita harus berusaha mendekat kepada-Nya. Dengan melakukan semua yang diperintahkan-Nya dan menjauhi larangan-Nya, Sang Pencipta akan senang kepada kita. Apapun doa kita akan dikabulkan, asal berdoa dengan cara yang baik dan benar. Tapi kenapa mereka yang begundal pun bisa tetap makan, makan kan juga pemberian-Nya? Sang Pencipta kan memang Maha Pengasih, jadi ya semua orang akan diberi rezekinya. Yang jadi pertanyaan, saat kita tak mau mendekat kepada-Nya, apakah di kehidupan berikutnya kita bisa dekat dengan-Nya? Entahlah. Yang pasti kausalitas berlaku. Hukum Allah akan lebih berlaku.

Datang dan mendatangi adalah keniscayaan dalam hidup. Jangan terlalu berharap 4 hal di atas, jika kita tak mau berusaha mendatangi lebih dulu. Mulai detik ini, aku dan kamu, ayo lakukan perubahan. Ayo bergerak. Datangilah jodohmu, sebelum dia didatangi orang lain. #Eh

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment