RSS

Sistem kadang berjalan apa adanya, kita tak pernah terpikir untuk mengubahnya. Sistem adalah sesuatu yang membantu, pembantu yang berkuasa. Dunia adalah sistem itu. Sejenak berpikir kritis, dunia yang kelam perlahan beranjak estetis.

Di Mana Pesonamu?

© inspirably.com
Pernah nggak sih kamu tertarik kepada seseorang, tapi nggak tahu sebab jelasnya? Kalau aku, pernah beberapa kali. Saat kali pertama bertemu teman dan ngobrol agak lama, rasanya ada sesuatu yang menarikku untuk bertahan di dekatnya. Mungkin itu yang disebut pesona atau karisma.
Secara harfiah, pesona atau karisma berarti daya tarik atau daya pikat yang dimiliki seseorang, terutama dalam hal kepemimpinan[1]. Pesona tiap orang berbeda-beda. Ada yang terletak di cara jalannya, cara bicaranya, bahkan di cara memainkan ekspresi wajah.
Sering kali, kita tak sadar telah terpaut oleh pesona lawan bicara kita. Begitu juga lawan bicara kita, terkadang tak sadar dia mempunyai pesona yang memancar. Pesona memang terkadang absurd. Kalau sudah begini, tinggal masalah waktu menunggu datangnya perasaan dari hati ke hati.

Berikut adalah 4 contoh hal yang mungkin menjadi pesona atau daya tarikmu, berdasar tipe kepribadian[2].

PENDIAM (MELANKOLIS)
Jika kamu adalah cowok atau cewek pendiam, mungkin di sinilah pesonamu. Pada awalnya (jika belum kenal), cowok atau cewek pendiam sering kali dijauhi dan tidak disukai. Wajar saja, ini karena sifat pendiam hemat dalam bicara, juga terkesan tak acuh kepada orang lain. Tapi jangan salah, sifat pendiam sering kali menjadikan orang lain penasaran. Mereka ingin tahu pribadi si pendiam lebih dalam. Kalau kata orang, cowok atau cewek pendiam itu keren, asal bukan diam karena sedang ngupil.
Seseorang yang pendiam adalah seseorang yang punya pikiran mendalam. Ini juga yang membuat orang lain ingin tahu apa yang si pendiam pikirkan. Diamnya mempunyai tujuan. Beberapa orang pendiam justru mempunyai tenggang rasa yang tinggi. Dia mau berkorban demi orang yang dikenal baik. Sisi yang hampir berkebalikan (diam vs mau berkorban) ini yang menjadi daya tarik dari pendiam yang berkepribadian melankolis.

PENDENGAR (PLEGMATIS)
Kamu sering jadi tempat curhat? Mungkin itu karena kamu adalah pendengar yang baik. Seseorang yang curhat terkadang hanya butuh untuk didengarkan. Kamu tahan untuk mendengar curhatannya, dari pagi hingga sore, tanpa memotongnya. Kamu tak suka menyinggung perasaan orang di sekitarmu. Saat dia meminta nasihat, kamu memberi nasihat yang bijak tanpa terkesan memaksa. Nah, inilah yang disukai orang dari dirimu sebagai pendengar yang baik.

BICARA (SANGUINIS)
Kamu suka berbicara di depan umum? Atau kamu sering juara lomba pidato? Atau kamu beberapa kali dipercaya sebagai pemimpin rapat? Nah, mungkin saja orang-orang tertarik dengan kemampuan bicaramu. Mereka suka dengan gaya bicaramu, kemampuan membawa suasana, serta sifatmu yang ekspresif. Kemampuan bicaramu seperti alunan biola saat situasi kondusif. Tapi terkadang, bicaramu seperti petikan gitar musik rock saat situasi memanas. Dalam situasi dan kondisi apapun, kemampuan bicara seorang sanguinis adalah daya tarik bagi orang lain.

BERKEMAUAN KERAS (KOLERIS)
Banyak orang suka kepada pribadi yang berkemauan keras, pribadi yang fokus kepada tujuan. Kamu orang yang punya visi dan akan melakukan apapun untuk mencapai visi itu? Selamat, berarti kamu punya pesona. Seorang koleris mempunyai kemauan yang keras. Apapun akan dilakukan untuk meraih tujuan, bahkan berkorban fisik pun rela. Orang yang berkemauan keras akan tahan banting karena ditempa melalui pengalamannya. Sifatmu yang seperti ini adalah pesona terbesarmu sebagai koleris.

Jadi, yang manakah tipe kepribadianmu? Yang manapun itu, pesona paling utama ada di hati dan akhlakmu.

Referensi:
[1] Pesona
[2] 4 Sifat Manusia (Plegmatis, Melankolis, Sanguinis, Koleris)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment