RSS

Sistem kadang berjalan apa adanya, kita tak pernah terpikir untuk mengubahnya. Sistem adalah sesuatu yang membantu, pembantu yang berkuasa. Dunia adalah sistem itu. Sejenak berpikir kritis, dunia yang kelam perlahan beranjak estetis.

Kenapa Aku Tertarik Padamu?

© gambarkata.co
Tertarik pada suatu benda yang dijual adalah hal wajar. Apalagi jika kita sedang cuci mata di mall, melihat benda-benda yang ter-display­ cantik tentu hasrat memiliki akan menggebu. Banyak alasan kenapa kita tertarik, mulai dari kebutuhan, harga yang sedang promo, varian keluaran terbaru, hingga keinginan untuk pamer. Bahkan ketika kita sudah membelinya, muncul alasan yang cukup absurd, yaitu khilaf.
Jika ada banyak alasan kenapa kita tertarik pada suatu benda, pasti ada lebih banyak alasan kenapa kita bisa tertarik pada seseorang. Kenapa begitu? Hal ini karena manusia adalah makhluk yang bisa berubah setiap hari, bahkan setiap detik. Alasan untuk tertarik padanya pun bisa berubah setiap detik. Tapi ada 5 alasan atau sebab mendasar kenapa kita bisa tertarik pada seseorang, meskipun itu adalah pertemuan pertama.

FEROMON
Feromon adalah suatu zat kimia yang berasal dari kelenjar endokrin dan dimilki oleh semua makhluk hidup untuk mengenali jenisnya, lawan jenisnya, individu lain di luar jenisnya, dan kelompok lain. Selain hewan (serangga), manusia (pria dan wanita) juga memiliki feromon. Feromon pada manusia tersebar lewat permukaan kulit ke udara, tak bisa dicium (dibaui), dan hanya bisa dirasakan efeknya.
Feromon pada manusia ditemukan oleh Adolph Butenandt[1]. Menurut beliau, feromon yang ada di udara (terutama dari lawan bicara) akan diterima oleh sebuah organ kecil di hidung. Sinyal feromon yang diterima, kemudian diteruskan ke hipotalamus di otak, yang selanjutnya akan merangsang pembentukan senyawa lain, seperti dopamine, endorphin, dan oksitosin[2]. Senyawa-senyawa ini yang membuat tubuh kita merasa tenang dan nyaman saat berbicara dengan seseorang yang tepat.
Tapi teori feromon ini dibantah oleh Richard Doty, seorang peneliti dari Penn State University’s School of Medicine[3]. Beliau mengatakan bahwa feromon tak mempengaruhi ketertarikan kepada seseorang. Hal yang lebih mempengaruhi adalah lingkungan dan kondisi fisik serta mental.

BAU KERINGAT
Bau keringat terkadang bisa menjadi sebab ketertarikan pada seseorang. Hal ini sering terjadi pada wanita. Penelitian yang dilakukan Bagian Biologi Manusia di Universitas Pensylvania, mengungkapkan bahwa bau keringat laki-laki bisa menurunkan stres, membantu relaksasi, dan mengatur siklus haid bagi wanita[4]. Bahkan dalam penelitian lain, Cristina Davis dari University of California,mengatakan bahwa wanita lebih suka bau T-shirt pria yang berkeringat[5].
Aku pernah membaca sebuah cerita, bahwa ada seorang istri yang sangat suka bau keringat suaminya setelah olahraga. Bahkan si istri susah tidur jika belum mencium bau badan suaminya. Ini menunjukkan betapa hebatnya bau keringat mempengaruhi ketertarikan pada seseorang. Amazing!

TAMPILAN FISIK
Tak bisa dipungkiri, tampilan fisik adalah sebab kuat kenapa kita tertarik pada seseorang. Pria akan tertarik pada wanita cantik, sedangkan wanita akan tergoda dengan pria tampan. Tapi, tak selamanya terjadi seperti itu. Di era kekinian, tampilan fisik tak hanya dilihat dari wajahnya yang ganteng atau cantik. Tinggi badan, berat badan, bahkan ukuran kaki, juga menjadi salah satu sebab ketertarikan pada seseorang. Apapun itu, yang penting pas di hati.

SIFAT/KARAKTER
Sifat/karakter menjadi salah satu alasan kenapa kita bisa tertarik pada seseorang. Hal ini akan mempengaruhi seberapa nyaman ketika kita dekat dengannya. Pria pendiam sering dianggap sebagai pria keren. Tapi terkadang, pria ekspresif juga menjadi idaman para wanita. Apalagi jika pribadinya humoris, tentu akan banyak yang suka. Tak ada sifat tertentu yang mempengaruhi ketertarikan. Semua relatif, karena sifat manusia yang berubah setiap waktu.

FAKTOR X
Di luar 4 alasan di atas, ada alasan yang susah untuk dijelaskan, yaitu faktor X. Kita tak tahu alasan tertarik pada seseorang. Yang kita tahu, perasaan nyaman saat dekat dengannya. Hanya itu. Jika kita mengalami hal seperti itu, suka tapi tak tahu kenapa, lupakan saja untuk mencari alasan. Nikmati saja perasaan itu. Terkadang, ketertarikan, suka, juga cinta, tak butuh alasan, karena yang bermain adalah perasaan. Bahkan ada juga yang berkata “Kau adalah jodohku” ketika pertemuan pertama.

Jadi, mana yang menjadi alasanmu tertarik padanya?

Referensi:
[1] Feromon
[2] Fenomenal Feromon, Efektivitasnya, dan Wanita
[3] Hormon 'Jatuh Cinta' Feromon Cuma Mitos
[4] Dahsyatnya Aroma Ketiak Lelaki Buat Wanita
[5] Parfum Favorit Wanita adalah Bau Keringat Pria

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment