RSS

Sistem kadang berjalan apa adanya, kita tak pernah terpikir untuk mengubahnya. Sistem adalah sesuatu yang membantu, pembantu yang berkuasa. Dunia adalah sistem itu. Sejenak berpikir kritis, dunia yang kelam perlahan beranjak estetis.

Andai Saja

© katamutiara.me
Pernahkah kamu temui sisipan sindiran lewat seuntai pesan, satir lembut bernada getir, atau simbolisasi pujaan dalam bait puisi? Bukan di dunia nyata, bukan di dunia yang nyatanya sangat damai sejahtera. Ini tentang dunia maya, dunia terbalik yang gaduh, riuh, dan tak acuh. Dunia penuh sindiran, satir, dan simbolisasi. Dunia dengan satu kalimat bijak, “Tak ada yang lebih benar selain golonganku”.

Andai saja Facebook tak ada, andai saja Mark tak terpikir untuk coding produk ini, mungkin saja perang foto tak ada juga. Tak akan pernah ada status saling sindir antarpendukung, tak ada juga makian serta cercaan yang saling mengisi linimasa.

Andai saja Twitter tak ada, andai saja “burung biru” itu lepas terbang, mungkin saja 140 karakter saling serang tak pernah ada juga. Tak akan pernah ada tweetwar seru hingga flooding, tak ada juga hashtag sekadar sindir, serta tak akan pernah ada hashtag spesifik ditambah mention yang saling tindih di linimasa.

Andai saja portal berita online dan media lain tak pernah ada, mungkin saja black campaign tak pernah muncul. Tak ada saling gugat, saling tuduh, juga saling hasut. Mungkin semua tampak damai tanpa kehadiran media.

Andai saja. Andai saja masalah sosial tak dibawa ke dunia maya, tentu tenggang rasa akan terus terpelihara. Andai saja masalah agama tak dibawa ke dunia maya, tentu toleransi akan langgeng terjaga. Andai saja masalah golongan tak dibawa ke dunia maya, tentu kebencian tak akan nyata. Andai saja tak ada dunia maya, tentu kehidupan akan lebih tertata. Andai saja tak ada kehidupan, tentu saja tulisan ini tak akan pernah ada.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment