RSS

Sistem kadang berjalan apa adanya, kita tak pernah terpikir untuk mengubahnya. Sistem adalah sesuatu yang membantu, pembantu yang berkuasa. Dunia adalah sistem itu. Sejenak berpikir kritis, dunia yang kelam perlahan beranjak estetis.

Kaleidoskop 2013

Setelah partner author blog ini menuliskan pencapaiannya selama tahun 2013, saya juga mau menuliskan apa saja kejadian besar yang terjadi di hidup saya selama tahun 2013 ini.

1. Gagal mencapai resolusi yang saya buat di awal tahun 2013.
Jadi ceritanya di awal tahun saya membuat sebuah resolusi yang ingin saya capai. Bahkan tulisan satu tahun silam masih saya tempel di dinding kamar. Menang NETRIDERS. Netriders adalah kompetisi jaringan untuk peserta Cisco Networking Academy. Peserta lomba dibagi dalam tim dan satu tim terdiri dari dua orang. Di tahun 2012 saya juga mengikuti kompetisi tersebut, tapi gagal. Waktu itu masih cupu dan belajarnya juga kurang serius. Di tahun 2013 saya memutuskan untuk ikut lagi dengan partner tim yang sama seperti sebelumnya. Tahun ini saya belajar serius, mempelajari materi yang belum saya dapatkan sebelumnya. Tapi, partner saya mendadak nggak bisa ikut kompetisi karena dia ada agenda di hari H lomba. Akhirnya saya luntang-lantung mencari orang yang mau jadi partner saya. Dan akhirnya saya dijodohkan sama seorang yang belum saya kenal sebelumnya, Mas Agung dari Semarang. Mas Agung juga siswa di akademi Cisco UGM.

Saya baru ketemu Mas Agung di hari H lomba. Sebelumnya kami cuma berkomunikasi via Facebook saja. Untuk ukuran orang yang baru kenal, kami bisa kerja sama jawab soal dengan baik. Memang sih soal di tahun 2013 jauh lebih simpel daripada tahun sebelumnya, terutama untuk soal practical-nya. Ada secercah harapan di hati saya waktu itu. Dari akademi UGM ada 8 peserta. Dan di tahun ini ada peraturan baru. Kalau tahun lalu dari tiap akademi diambil 3 tim untuk mewakili akademinya, di tahun ini hanya diambil 2 tim saja tapi yang masuk di urutan 20 besar nasional.

H+3, seharusnya hasil kompetisi diumumkan. Masih ingat waktu itu hari Senin. Senin pagi sampai siang belum ada pengumuman. Akhirnya malam hari saya menerima email yang berisi pengumuman 20 besar tim yang lolos nasional dan akan lomba lagi di Semarang. Nama kapten tim saya, Mas Agung, ternyata tidak ada dalam list.

Keesokan paginya saya chat dengan Mas Agung, saling minta maaf kalau belum maksimal saat berkompetisi kemarin. Ternyata Mas Agung sempat menghubungi panitia menanyakan peringkat kami. Di dalam akademi, kami berada di peringkat 3. Dan di nasional kami berada di peringkat 21. Wow, nyaris. Nyaris banget. Tapi itulah hasilnya, mau bagaimana lagi. Mungkin mereka yang lolos belajarnya lebih serius dan lebih bisa dari kami.


2. Patah hati.
Kejadian ini nggak pernah saya duga akan terjadi. Tapi ini benar-benar terjadi di pertengahan tahun 2013. Down. Parahnya lagi saya ditinggal dua sahabat baik saya belajar ke Italia. Jadilah saya merasa lebih dan sangat kesepian, bingung mau cerita dan mengadu kemana. Semenjak itu saya memperluas pergaulan. Saya lebih sering gabung, entah itu hanya ngobrol atau sekedar lunch bareng sama temen yang dulunya saya jarang gabung dengan mereka. Alhasil saya sadar, dunia itu luas. Saya masih punya teman banyak, semuanya tidak berakhir. Di akhir tahun ini saya merasa sudah mulai "enteng" dan mungkin sudah bisa move on. Mungkin ini biasa bagi orang lain. Tapi bagi saya move on merupakan pencapaian berarti.


3. Kerja Praktek, dimana banyak kejadian first time.
Saya Kerja Praktek (KP) di Pertamina Talisman Jambimerang, Jakarta selama sebulan. Tentunya saya butuh tempat tinggal selama sebulan. Sekitar seminggu sebelum KP saya dan partner KP pergi ke Jakarta untuk mencari kos di sekitar kantor. Perjalanan ke Jakarta kami tempuh dengan kereta malam (kayak lagu aja). Dan itu adalah first time saya naik kereta jarak jauh, selain Pramex.

Kantor kami mempunyai Gas Plant yang berada di Sumatera Selatan. Tapi untuk mencapai kesana lebih dekat kalau lewat Jambi saja. Ceritanya kami ditawari sama mentor untuk lihat-lihat plant. Mumpung ada kesempatan dan seluruh biaya ditanggung alias gratis, saya dan partner tidak menolak. Akhirnya di minggu ketiga KP, kami berangkat naik pesawat first flight ke Jambi. Flight-nya jam 05.45 dan kami berangkat dari kos jam 03.30. Saya orang ndeso dan ini adalah first time saya naik pesawat. Ini juga first time saya menginjakkan kaki di tanah Sumatera. Secara, tiap tahun nggak pernah mudik, bener-bener cuma di Jogja. Ke luar kota pol-pol cuma waktu touring. Ini sekalinya pergi jauh, nggak tanggung-tanggung langsung ke Sumatera.

Setelah melewati masa makmur di plant (karena makanan enak dan terjamin), kami kembali ke kantor di Jakarta. Di H-2 masa KP berakhir, ada acara donor darah yang diadakan di kantor. Si partner udah kebiasa melakukan donor darah, makanya saya diajak untuk lihat. Waktu dia mendaftarkan diri, entah kenapa saya juga ikutan daftar. Jujur waktu itu saya takut karena belum pernah donor darah sama sekali. Setelah itu kami melewati tes golongan darah, HB, dan tensi. Dan ternyata si partner yang udah kebiasa donor darah ditolak, karena HB-nya ketinggian. Sementara saya yang nggak tau apa-apa malah lolos dan bisa donor, dan sendiri. Ya, ini first time saya donor darah. Ternyata nggak sakit sama sekali. Emang sih habis donor berasa pusing dan lemes. Tapi yang saya suka adalah sehabis itu dapat "amunisi" enak. 

_________________________________________________________________________________


Kira-kira itu kejadian besar dan berarti di tahun 2013 ini. Sangat banyak pelajaran yang bisa saya ambil, sangat banyak. Saya tahu bagaimana rasanya gagal dan sulitnya untuk bangkit lagi. Saya belajar bagimana harus ikhlas menerima semua kehendak-Nya. Semua yang baik menurut saya belum tentu yang terbaik menurut-Nya. Saya juga belajar bagaimana harus bersyukur atas semua nikmat yang diberikan oleh-Nya. Semoga pengalaman di tahun lalu bisa menginspirasi dan menjadikan saya lebih baik lagi. Ngomong-ngomong resolusi untuk 2014 ini adalah "Skripsi lancar, lulus tepat waktu, dan bisa dapet kerja di tahun ini juga". 

Sekian :)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment