RSS

Sistem kadang berjalan apa adanya, kita tak pernah terpikir untuk mengubahnya. Sistem adalah sesuatu yang membantu, pembantu yang berkuasa. Dunia adalah sistem itu. Sejenak berpikir kritis, dunia yang kelam perlahan beranjak estetis.

Teknologi Informasi (TI) Prodi Baru di UGM

Hmm, banyak yang bertanya (termasuk saya), "Kok di UGM nggak ada Teknik Informatika ya ?" Adanya hanya Ilmu Komputer yang masuk di fakultas MIPA. Padahal, Ilmu Komputer dan Teknik Informatika itu beda walaupun sama-sama berhubungan dengan komputer. Ternyata, di tahun 2010 ini, program studi Teknik Informatika ini sudah dibuka. Senang rasanya, karena prodi tersebut sangat saya minati, hahaha ...

Di UGM sendiri, Teknologi Informasi atau yang lebih dikenal dengan Teknik Informatika sebenarnya sejak (kalau tidak salah) tahun 2007 telah dibuka. Namun masih melalui pilihan Teknik Elektro dan kemudian setelah memasuki kuliah diberikan Sosialisasi Teknik Elektro/Teknologi Informasi bagi mahasiswa baru. Baru deh mahasiswa baru menentukan apakah masih ingin di Teknik Elektro atau ke Teknologi Infomasi.

Mulai tahun 2010, program studi Teknologi Informasi secara resmi sudah dimasukkan ke dalam website Ujian Masuk UGM. Jadi, bagi teman-teman yang berminat, Teknologi Informasi di UGM bisa dijadikan alternatif pilihan lho ...

Sumber : http://imsecret.wordpress.com/2009/11/12/teknologi-informasi-program-studi-baru-di-teknik-elektro-ugm/

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

7 comments:

Trafika Anggini said...

mw tanya. itu bedanya dengan ilkom apa ya??
trus bedanya lagi dengan TE dan TI?
apa saja yang di pelajari dalam TI??

Anonymous said...

Bukannya ilmu komputer dgn teknik informatika sama yah?

Unknown said...

Ilkom pd dasarnya lbh terpusat ke komputer itu sndr, spt hardware, sistem, dll......(mempelajari yg ada di komputer), sdgkn teknik informatika/informasi lbh kpd software, web, jaringan, dll.......(mempelajari yg melengkapi komputer & penggunaannya)

TE (Teknik Elektro) lbh kpd penerapan ke instrumennya

maaf jk ada yg krg benar

Anonymous said...

mau tanya kalau kode PRODI TI masih dalam satu KODE PRODI TE ...??
mohon jawabannya dan apa kodenya...???

Unknown said...

Utk prodi TI 471493, utk TE 471382
Maaf balesnya lama, sdg sibuk2nya :)

Utk lbh jlsnya bs dilihat di http://www.snmptn.ac.id/i_prodi_undangan.php?wilayah=2&ptn=47&jenis=IPA&m_id=daftar_prodi :)

Sefscape said...

tapi menurut saya. materi yang ada di teknik informasi itu lbih ke sistem informasi. kalo ilmu komputer itu baru teknik informatika cuman beda nama. kalo ilmu komputer itu dari amerika "science computer" kalo teknik informatika dr eropa "tech of information" tp sebenernya ilmu komputer sama teknik informatika sama.

Unknown said...

Secara prinsip sama, nuwun..... :)

Post a Comment