RSS

Sistem kadang berjalan apa adanya, kita tak pernah terpikir untuk mengubahnya. Sistem adalah sesuatu yang membantu, pembantu yang berkuasa. Dunia adalah sistem itu. Sejenak berpikir kritis, dunia yang kelam perlahan beranjak estetis.

Akhirnya UN Sudah Selesai

Tanggal 22-26 Maret 2010 diselenggarakan Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SMA serentak di seluruh Indonesia. Materi yang diujikan untuk jurusan IPA adalah Bahasa Indonesia, Biologi, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, dan Kimia . Sedangkan untuk jurusan IPS adalah Bahasa Indonesia, Sosiologi, Bahasa Inggris, Matematika, Geografi, dan Ekonomi.

Namun sayangnya seperti tahun-tahun yang lalu, banyak terjadi kecurangan yang mewarnai Ujian Nasional. Seperti bocornya soal UN sehingga ada pihak-pihak yang memperjualbelikan soal dan jawabannya sekaligus demi meraih keuntungan yang cukup besar. Akibatnya, banyak pula siswa yang tertarik membeli jawaban karena dengan begitu mereka nggak perlu belajar susah-susah untuk mendapatkan nilai yang bagus. Kasihan dong teman-teman yang benar-benar berusaha belajar untuk mencapai hasil yang memuaskan. Hmm, bagaimana bangsa Indonesia ke depannya ya kalau generasi penerusnya saja seperti ini ?

Tapi terlepas dari itu, UN sudah berakhir. Tinggal menunggu hasil yang akan diumumkan pada tanggal 26 April 2010 (kalau nggak salah). Bagi siswa yang masih belum lulus, diberi kesempatan mengikuti UN ulangan, tapi mudah-mudahan saja bisa lulus di UN yang utama, aminn ... (khususnya buat SMA 7 Yogyakarta), hehe . Setelah UN selesai, beban siswa pun belum usai. Masih ada tes masuk ke PTN, untuk UM UGM dilaksanakan pada 28 Maret, hanya selang sehari setelah UN berakhir. Masih ada juga ujian praktek dan ujian sekolah. Tak apalah, hadapi saja teman-teman. Good luck dan sukses selalu ya ...

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment