RSS

Sistem kadang berjalan apa adanya, kita tak pernah terpikir untuk mengubahnya. Sistem adalah sesuatu yang membantu, pembantu yang berkuasa. Dunia adalah sistem itu. Sejenak berpikir kritis, dunia yang kelam perlahan beranjak estetis.

Indonesian Science Project Olympiad 2009

Sebenarnya pengalaman ini sudah terjadi setahun yang lalu, tapi tak apa untuk sekedar berbagi pengalaman. Ini cerita tentang pengalamanku ke Jakarta untuk pertama kali (wah, terkesan lebay). Kepergianku ini dalam rangka mengikuti babak akhir Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) 2009.

Setelah pengumuman finalis yang lolos ke Jakarta pada pertengahan bulan Februari, aku dan partnerku (Mirza Rahim) mulai sibuk untuk mempersiapkan segala keperluan yang akan dibawa. Babak final ISPO diadakan pada tanggal 11-13 Maret 2009. Jadi paling tidak ada waktu tiga minggu untuk bersiap. Pada babak final tersebut, metode yang digunakan adalah pameran. Finalis berasal dari seluruh wilayah di Indonesia. Kira-kira 150 orang finalis datang dengan karya-karya mereka yang pastinya menarik.


Persiapan yang sangat banyak kami lakukan, dari membuat miniatur SUTET dan persawahan, mencari sponsor, membuat poster penelitian, mempersiapkan alat dan bahan, serta masih banyak yang lainnya. Oya, ISPO ini bisa dibilang lomba karya ilmiah. Penelitian kami (aku dan partnerku) berjudul Pengaruh Medan Magnet Terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman Kacang Hijau (Vigna radiata). Kami berangkat ke Jakarta didampingi oleh pembimbing kami. SMA Negeri 7 Yogyakarta adalah satu-satunya wakil dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain aku dan partnerku, ada satu lagi kelompok yang anggotanya Ariza Tri Suciati dan Latifah Nur Hidayah Rochmah dengan penelitian mereka berjudul Potensi Biji Kapuk Randu (Ceiba pentandra) sebagai Sumber Bioetanol.

Pengalaman mengikuti lomba ini sangatlah berkesan. Sulit untuk terlupa. Kami bisa bertemu dengan teman dari seluruh Indonesia. Kami juga bisa belajar arti dari persahabatan, pengetahuan, dan perjuangan. Walaupun kami belum bisa menjadi juara, tapi kami yakin kami akan berhasil di kesempatan yang lain. Pengalaman kami yang berharga ini pun adalah hadiah yang tak ternilai harganya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment