RSS

Sistem kadang berjalan apa adanya, kita tak pernah terpikir untuk mengubahnya. Sistem adalah sesuatu yang membantu, pembantu yang berkuasa. Dunia adalah sistem itu. Sejenak berpikir kritis, dunia yang kelam perlahan beranjak estetis.

Dengan Teknologi, Guru Lebih Maju

Di liburan semester 1 kemarin, SMA Negeri 7 Yogyakarta dari tanggal 28 sampai dengan tanggal 30 Desember 2009 mengadakan kegiatan In House Training Pengkajian Pengembangan Kurikulum. Maksud dan tujuan diadakannya IHT ini adalah untuk mengupdate dokumen yang berhubungan dengan adminstrasi guru dalam KTSP. Para guru SMA Negeri 7 Yogyakarta hadir sebagai peserta. Memang, kegiatan ini hanya kegiatan intern. Kegiatan ini diharapkan dapat menambah pemahaman yang lebih luas dalam pengembangan KTSP. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan yang diwakili oleh Drs. Suyono sekaligus memberikan materi tentang kebijakan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta .
Materi IHT meliputi Kebijakan Pendidikan Pemerintah Kota Yogyakarta yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Yogyakarta yang diwakili oleh Bapak Drs. Suyono, Pengembangan KTSP oleh Bapak Drs. Suwidyo (Pengawas) Analisis Konteks dan SK/KD Drs. Bandono, MM., Penyusunan Silabus dan RPP oleh Dra. Endang DI dan Lilik Lina Heni, S.Pd. Penilaian oleh Bapak Drs. Budi Iriyanto dilanjutkan dengan kerja kelompok dalam MGMP masing-masing.
Untuk memberikan bekal kepada guru SMA Negeri 7 Yogyakarta tentang media pembelajaran yang berbasis TIK oleh Bapak Drs. Puji Suharjoko, maka guru-guru diberikan materi WONDERSHARE QUIZ CREATOR Ver. 3. WONDERSHARE QUIZ CREATOR Ver. 3 adalah sebuah program aplikasi pembelajaran mempunyai tampilan yang lebih familiar seperti Microsoft Office 2007. Software ini hanya merupakan salah satu dari banyak perangkat lunak penulisan quiz (soal), software lain seperti Articulate, Captivate, Camtasia, dll. Naskah soal dapat dipublikasikan dalam bentuk soal online, offline, serta dapat ditransfer ke dokumen Word maupun dibakar ke dalam CD ROM sebagai media soal interaktif yang lebih menyenangkan. Wondershare Quiz Creator Ver. 3 ini mempunyai fasilitas (fitur) yang lebih lengkap, diantaranya fasilitas penulisan fungsi matematika serta kemampuannya dapat mengambil gambar atau teks dari berbagai software lain dengan cukup 3 kali klik. Wondershare Quiz Creator memungkinkan kita menulis soal dalam 10 tipe, yaitu:
1. True/False
2. Multiple Choice
3. Multiple Response
4. Fill in the Blank
5. Matching
6. Sequence
7. Word Bank
8. Click Map
9. Short Essay
10. Insert a Blank Page

Semoga dengan kegiatan tersebut, para guru dapat lebih terampil dan kreatif dalam mengajar. Dan lebih dari itu,  semoga SMA Negeri 7 Yogyakarta dapat menduduki peringkat pertama di Indonesia sebagai sekolah berbasis ICT (sebelumnya peringkat 3).

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment