RSS

Sistem kadang berjalan apa adanya, kita tak pernah terpikir untuk mengubahnya. Sistem adalah sesuatu yang membantu, pembantu yang berkuasa. Dunia adalah sistem itu. Sejenak berpikir kritis, dunia yang kelam perlahan beranjak estetis.

Orang Autis Itu Luar Biasa

Autisme adalah gangguan perkembangan yang sangat kompleks pada anak, yang gejalanya sudah timbul sebelum anak itu mencapai usia tiga tahun. Penyebab autisme adalah gangguan neurobiologis yang mempengaruhi fungsi otak sedemikian rupa sehingga anak tidak mampu berinteraksi dan berkomunikasi dengan dunia luar secara efektif. Gejala yang sangat menonjol adalah sikap anak yang cenderung tidak mempedulikan lingkungan dan orang-orang di sekitarnya, seolah menolak berkomunikasi dan berinteraksi, serta seakan hidup dalam dunianya sendiri. Anak autistik juga mengalami kesulitan dalam memahami bahasa dan berkomunikasi secara verbal.

Autisme, ternyata menimpa adik saya, Fakhri Rozan Kurniawan. Gejala awalnya mulai diketahui saat dia berumur 2 tahun. Pada kisaran umur tersebut, anak normal seharusnya sudah bisa berbicara mengucap beberapa patah kata. Tetapi sampai usia 2 tahun, adik saya belum bisa berbicara. Sudah dibawa ke dokter THT, tetapi dokter menyatakan semuanya normal dan tidak ada gangguan. Kemudian diketahuilah bahwa adik saya mengidap autisme.

Dulu adik saya sempat disekolahkan di sekolah khusus autis, yaitu di Bina Anggita (daerah Banguntapan Bantul). Kalau saya nggak salah ingat, waktu itu saya masih sekolah kelas 4 SD. Biayanya pun tidak murah, sebulan harus membayar SPP sekitar 300-400 ribu rupiah. Di sekolah khusus itu, adik saya diajari untuk bicara, menggambar, mencocokkan warna, mencocokkan pola, mencocokkan gambar, serta mengenali bagian tubuhnya sendiri (sampai sekarang dia masih lancar melakukannya). Namun, mengingat biayanya yang cukup mahal, akhirnya orangtua saya memutuskan untuk tidak melanjutkan menyekolahkan adik saya. Dan akhirnya adik saya sehari-hari hanya di rumah.

Di rumah, adik saya tetap diajari untuk mengucapkan kata-kata. Walaupun untuk mengucap kata-kata dia masih harus dituntun, maklum anak autis susah untuk berkonsentrasi. Kata-kata yang paling sering diajarkan untuk ditirukan adalah "Bapak" dan "Ibu" :D
Namun saya merasa adik saya juga punya kelebihan. Pendengarannya sangat peka. Dia bisa hafal suara langkah keluarganya ketika pulang ke rumah, dan dia pasti menyambutnya dengan mengintip ke arah jendela. Dan itu hanya dia lakukan, ketika mendengar langkah kaki keluarganya saja (bapak, ibu, saya, dan adik saya yang satunya lagi). Kemudian kelebihannya yang lain adalah adik saya suka akan keteraturan dan memiliki daya ingat tinggi. Ketika suatu barang tidak pada tempatnya, dia pasti akan mengembalikannya ke tempat semula. Contohnya adalah ketika letak kunci motor saya dan bapak saya tertukar tempatnya, dia pasti akan menukarnya kembali. Pokoknya dia hafal dengan letak semua barang yang ada di rumah. Saya yakin dia luar biasa, dan mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki orang lain.

Sekarang adik saya hampir berusia 16 tahun. Memang adik saya termasuk yang perkembangannya terlambat, karena di usia yang seharusnya dia sudah bersekolah di SMA, dia bahkan masih belum bisa bicara. Yang anak autis butuhkan adalah perhatian lebih. Anak autis punya kesempatan untuk sembuh. Semoga saya dan keluarga saya selalu diberikan kesabaran untuk terus mendampingi adik saya Fakhri sampai sembuh. Amin :)




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment